Scroll untuk baca artikel
VENEERKAYU
VENEERKAYU
Ekonomi dan Bisnis

ASMINDO Gelar Launching Nasional IFFINA Indonesia Meubel & Design Expo 2023

4864
×

ASMINDO Gelar Launching Nasional IFFINA Indonesia Meubel & Design Expo 2023

Sebarkan artikel ini

IFFINA Indonesia Meubel & Design Expo 2023

INACRAFT

Jakarta CITRAMEDIA – Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO) kembali akan menggelar IFFINA, Indonesia Meubel & Design Expo 2023. Rencananya, pameran akan diselenggarakan pada tanggal 14-17 September tahun 2023 ini di Indonesia Convention Exhibition BSD Serpong, Tangerang Selatan. Event ini merupakan gelaran ke-10 sejak pertama kali dilaksanakan tahun 2008 dan sempat vakum selama 6 tahun.


Pameran industri mebel dan kerajinan ini mendapat dukungan dari tiga kementerian yakni Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Koperasi UKM serta didukung pula oleh Bank Indonesia. Acara launching yang dilaksanakan di Garuda Ballroom Gedung Kementerian Perindustrian di bilangan Gatot Subroto Selasa pagi ini, tanggal 9 Mei 2023 dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

VENEERKAYU
Menteri Kperasi dan UKM, Teten Masduki. Foto : Elang

Dalam sambutannya, Teten memberikan apresiasi sangat tinggi kepada Asmindo. Menurutnya, IFFINA diharapkan menjadi wadah memperluas akses pasar, baik domestik maupun internasional, juga mampu membuka peluang pasar baru di belahan dunia selain pasar Amerika dan Eropa. “Pasar alternatif harus dibidik, seperti Timur Tengah dan Asia,” ucapnya.
Selain itu, bahan baku alternatif juga harus dioptimalkan, seperti bambu yang pasarnya juga kian terbuka lebar. Menurutnya, industri kreatif yang kompetitif harus fokus diberdayakan sebagai keunggulan nasional di dunia internasional. Namun Teten mengingatkan juga untuk memperkuat pasar domestik sebagai pasar potensial yang butuh diperhatikan.

Sementara Menteri Perindustrian dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dirjen Ibdustri Agro, Putu Juli Ardika menyampaikan bahwa sektor industri agro pada tahun 2022 menyumbang 50,34% PDB non migas.
Namun diakui, indeks kepercayaan industri (IKI) sempat turun di angka 51,38%. Dengan penurunan IKI tersebut, industri mebel dan kerajinan didorong mengalihkan pasar ke domestik dan memperluas pasar non tradisional, serta meningkatkan promosi salah satunya dengan menggelar event expo seperti yang akan dilaksanakan oleh Asmindo. Untuk memperkuat itu, Kementerian Perindustrian telah menerbitkan Peraturan Menteri no. 46 tahun 2022 tentang Ketentuan dan tata cara penghitungan nilai tingkat komponen dalam negeri untuk industri kecil.

Ketua Umum Asmindo, Dedy Rochimat. foto : Elang

Sementara itu, Dedy Rochimat, Ketua Umum Asmindo periode 2022-2027 menyampaikan sambutannya dengan wajah penuh kegembiraan.
Tahun 2022, pasar mebel dunia mencatat pendapatan sebesar USD 695 miliar dan diprediksi akan meningkat sebesar USD 766 miliar hingga akhir tahun 2023. Namun demikian menurut Dedy, pendapatan industri mebel Indonesia jauh di bawah angka dunia. Indonesia hanya mendapat USD 2,8 miliar, yang secara ranking menempatkan Indonesia di peringkat 17 dunia dan ke-4 di regional Asia di bawah China, Vietnam, dan Malaysia.

Menurutnya ini kesempatan sekaligus tantangan yang luar biasa. Dedy Rochimat menyampaikan bahwa potensi dan keunggulan sumber daya alam kita sangat berlimpah. 68 juta hektar hutan produksi, sebagai produsen 85% rotan dunia, serta produsen bambu terbesar ketiga dunia setelah China dan India merupakan kesempatan besar, bukan hanya menyerap begitu banyak tenaga kerja, juga menciptakan multiplier effect yang sangat besar bagi industri lain.

Menkop dan UKM saat memberi keterangan pers didampingi Dirjen Kemenperin, Ketua DPP Asmindo dan Ketua Panitia IFFINA. foto : Elang

Terakhir Dedy mengucapkan terima kasih atas dukungan ketiga kementerian yang mendukung, bahkan dia berharap Kementerian Parekraf dan semua BUMN bisa mendukung tumbuh dan berkembanganya industri mebel dan kerajinan ini.

Persiapan dan penyelenggaraan IFFINA Indonesia Meubel & Design 2023 tak lepas dari tangan dingin sosok perempuan yang oleh Teten Masduki disebut berkeringat dan berdarah-darah, yakni Anne Patricia Sutanto.

Anne Patricia Sutanto. Foto : Elang

Ketua Panitia gelaran expo ini mengharapkan seluruh stakeholder dan ekosistem furniture dan home accesories Indonesia untuk ikut menggiatkan dan berpartisipasi dalam IFFINA Indonesia Meubel & Design Expo 2023 nanti. Mereka menjadi bagian dari komunitas industri furnitur dan kraft, baik di Asmindo maupun non Asmindo. Karena ini adalah the new sourcing circle ini Asia.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *