Scroll untuk baca artikel
VENEERKAYU
VENEERKAYU
MenwaSosial Budaya

IARMI

726
×

IARMI

Sebarkan artikel ini

Sejarah IARMI

INACRAFT

Jakarta, CITRAMEDIA –

Setelah melalui berbagai pertemuan informal para tokoh Alumni Menwa sekitar tahun 1979 yang diprakarsai oleh Alumni Menwa Mahajaya (Jayakarta) dan mencapai klimaksnya dengan diadakannya Reuni Alumni Menwa di Balai Agung Pemprov DKI Jakarta yang dihadiri oleh Kapuscadna-Dephankam RI.

VENEERKAYU

Kemudian Kapuscadnas (Mayjend TNI R.H.A Saleh) menunjuk Bapak Tjipto Sukardhono sebagai Ketua Tim Pembentukan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia dengan diawali pertemuan alumni Menwa Lintas Daerah: Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur dan diberikan tempat rapat untuk membahas pembentukan AD/ART di wisma Pucadnas di Bandung, Jawa Barat. Setelah AD/ART selesai, maka Tim yang diketuai Bapak Tjipto Sukardhono menghadap Letjend TNI Widjojo Sujono (Pangkowilhan Jawa dan Madura) untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut. Pangkowilhan mengarahkan agar menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas I) Alumni Menwa se- Indonesia yang diselenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 28 Oktober 1980 dan terpilih sebagai Ketua Umum yang pertama adalah Bapak Tjipto Sukardhono dengan Sekretaris Jenderal Bapak Susilo Raharjo.

Setelah terpilih menjadi Ketua Umum, Bapak Tjipto Sukardhono kemudian dipanggil menghadap Presieden RI Bapak Soeharto di Bina Graha. Selanjutnya Kepemimpinan Pertama Ikatan Alumn Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) dan melaksanakan Rakerna I di Hotel Indonesia yang dibuka oleh KaskopkamtibLetjend TNI Widjojo Sujono.

Musyawarah Nasional yang Kedua (Munas II) pada tahun 1985 di Magelang. Hasil Munas IARMI II ini memberikan kepercayaan kembali kepada Bapak Tjipto Sukardhono sebagai Ketua Umum untjuk periode kedua dan Bapak Haaryadi Suwandar sebagai Sekretaris Jenderal. Berbagai program dan prestasi kepengurusan awal ini telah menorehkan sinergitas potensi alumni Menwa dengan instansi pemerintah maupun swasta dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan untuk bela negara dan persatuan kesatuan dalam bingkai NKRI.

Musyawarah Nasional yang Ketiga (Munas III) pada tahun 1990 di Cipayung, Jawa Barat. Dalam Munas III ini sempat dihadiri pula oleh pendiri Resimen Mahasiwa Jenderal TNI (Purn) A.H. Nasution dan terpilihlah Bapak P.A. Rangkuti dan Sekretaris Jenderal Bapak Parlin Simanjuntak.

Musyawarah Nasional Keempat (Munas IV) pada tahun 1995 di Pondok Cabe dan terpilih Ketua Umum Bapak Haidar R.S. dan Sekretaris Jenderalnya Bapak Parlin Simanjuntak.

Munas V pada tahun 2000 yang dilaksanakan di Di Ciambeluit, Bandung terpilih Ketua Umum Bapak Agustomo dan Sekretaris Jenderal Bapak Abidin M.Z. Periode ini merupakan periode transisi yang kritis, mengingat eksistensi Menwa terancam punah karena proses reformasi yang menyebabkan tanggung jawab negara untuk membina Menwa mengendur. Namun keadaan ini berangsur-angsur dapat dipulihkan, bahkan Menwa aktif mampu mengkonsolidasikan diri dalam wadah nasional (Bakornas Menwa) dengan peran serta para Kepala Staf Resimen dari berbagai daerah.

Musyawarah Nasional Keenam (Munas VI) diselenggarakan pada tahun 2005 di Bandiklat Kemenhan, Jakarta dengan hasil memberikan kepercayaan kembali kepada Ketua Umum Bapak Agustomo (untuk kepengurusan lanjutan) dengan Sekrtaris Jenderal Bapak Wisnu Kumoro. Dalam periode kepengurusan ini, konsolidasi Menwa aktif kian mengkristal dengan terbentuknya Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Konas Menwa) yang semakin memantapkan peran dan eksistensi Menwa hingga saat ini.

Musyawarah Nasional Ketujuh (Munas VII) pada bulan Desember 2009 di Cipayung, Bogor dan terpilihlah Bapak M.S. Kaban sebagai Ketua Umum dengan Sekretaris Jenderalnya Bapak A. Riza Patria. Pada kepengurusan ini dilakukan penyempurnaan wadah berhimpun para Alumni Menwa dalam suatu format organisasi ditingkat pusat dengan nama Dewan Pimpinan Nasional Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (DPN IARMI), dan dalam rangka memperkokoh konsolidasi organisasi dengan penguatan kepengurusan di tingkat provinsi (DPP) kabupaten/kota (DPKota/Kab) hingga Alumni Menwa perguruan tinggi (DPKomisariat).

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *